logo

DPP : Outlook Industri Transportasi Darat dan Logistik 2018,

Para pengusaha truk hingga perakitan mobil siang ini berkumpul dalam acara diskusi bertajuk Outlook Industri Transportasi Darat dan Logistik 2018, di Ballroom Mutiara Hotel Ritz-Carlton, Mega Kuningan Barat Jakarta Selatan, Rabu (28/11/2018).

Dalam acara ini hadir, Direktur Angkutan Multimoda Ditjen Perhubungan Kementerian Perhubungan Darat Ahmad Yani, Sekjen Organda Ateng Aryono, Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Kyatmaja Lookman, pengusaha kariseri dan para pengusaha angkutan logistik lainnya.

Dalam paparan awalnya, Wakil Ketua Aptrindo Kyatmaja Lookman menjelaskan, banyak alasan mengapa truk angkutan saat ini memiliki beban berlebih alias obesitas.

Ia menjelaskan, truk obesitas bisa terjadi karena persaingan yang tidak sehat harga angkutan tidak bisa naik kecuali ada kenaikan solar. Sementara harga truk sparepart dan kebutuhan onderdil lain terus naik mengikuti harga dollar AS.

“Iya gimana, kalau semuanya naik sementara kita biaya angkutan nggak bisa naik ya muatannya dobel. ODOL itu malahan menjadi solusi bagi kita. ,” kata dia.

Acara yang berlangsung dari pukul 10.00 WIB ini masih berlangsung untuk membahas secara rinci mengenai solusi apa yang dilakukan untuk menekan biaya logistik di Indonesia.